Sunday 24 April 2016

PENGERTIAN PRESENTASI (KELOMPOK)



A. Pengertian Presentasi
Presentasi merupakan kegiatan berbicara di depan orang banyak atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi adalah topik pengajuan kegiatan, pendapat atau informasi kepada orang lain. Tidak seperti pidato lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dilakukan di bisnis pertunjukan.
Tujuan dari presentasi dari semua jenis, misalnya, untuk membujuk, untuk menginformasikan, atau untuk meyakinkan. Untuk menjadi baik menyajikan, orang sering belajar ahli presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering diamati oleh orang-orang yang ingin tahu bagaimana berbicara di depan umum.
Berbicara keterampilan di depan penonton sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, tenaga penjualan, dan seorang guru yang menjadi terkenal melalui keterampilan yang sukses dan presentasinya.
Menurut rina puspita, presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi kepada public merupakan seni untuk menginformasikan , meyakinkan , membujuk , menginspirasi , dan menghibur audienci .

-          Jenis-jenis Presentasi

  1. Presentasi Dadakan, merupakan presentasi yang dilakukan dengan tanpa persiapan.  Disini presenter dituntut untuk dapat menguasai materi dengan spontan.
  2. Presentasi Tanpa Text (Hafalan), merupakan sebuah presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal materi teks yang sudah disediakan.
  3. Presentasi Naskah, merupakan presentasi yang dilakukan dengan cara membaca naskah untuk para audience.


-          Tujuan Presentasi

a.       Untuk memberi informasi. Ini tujuan umum presentasi, seperti menginformasikan ide, pemikiran, produk, program, atau topiktertentu.
  1. Untuk membujuk atau meyakinkan. Biasanya dibawakan oleh wiraniaga atau sales.
  2. Untuk memberikan hiburan, seperti oleh komedian atau atau penyiar radio/TV dalam acara hiburan.
  3. Untuk memotivasi, seperti oleh motivator atau atasan kepada bawahan, guru keada murid, dosen kepada mahasiswa, pelatih (trainer) kepada peserta pelatihan.
  4. Untuk memberi inspirasi.
  5. Untuk mempromosikan produk kepada calon pembeli.
-          Manfaat Presentasi

  1. Sebagai bahan paparan suatu pokok bahasan inti.
  2. Media pembantu untuk penjabaran dari materi pelajaran sekolah atau suatu projek kerja.
  3. Kesan lebih ekslusif karena melibatkan alat presentasi (Professional).
  4. Audience biasanya akan lebih jelas jika disertai dengan media gambar dari presentasi itu sendiri.
  5. Memupuk mental yang ada dalam diri si pembawa materi presentasi.


B. Persiapan Sebelum dan Sesudah Presentasi

Tahap Persiapan (Sebelum Presentasi)
Dalam tahap persiapan, ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut akan kami sebut dan berikan penjelasannya:

Menentukan Topik

Saat ingin presentasi, kita harus tahu apa topik yang akan disampaikan, lalu pertimbangkan apakah topik tersebut dibutuhkan oleh audiens atau tidak. Dua hal tersebut yang akan sangat mempengaruhi presentasi. Oleh karena itu, usahakan topik yang akan dipresentasikan menarik dan menggugah audiens untuk mendengarkan.

Menetapkan Tujuan

Setiap presentasi harus punya tujuan. Dengan memiliki tujuan, kita akan menjadi lebih paham ke mana arah dari presentasi yang dilakukan. Sehingga kita jadi lebih berhati-hati dalam bertindak, tampil lebih cerdas dan tepat sasaran dengan hasil akhir yang berkesan bagi audiens.

Mengenali Situasi dan Audiens

Dalam hal ini koordinasi dengan audiens, atau panitia penyelenggara sangat diperlukan, untuk menanyakan hal-hal yang harus kita ketahui. Seperti, dalam acara apa kita melakukan presentasi, berapa lama waktu untuk presentasi, presentasi dilakukan di luar ruangan atau di dalam, adakah sarana pendukung yang digunakan, siapa saja yang akan hadir, berapa usia mereka, bagaimana tingkat pendidikannya, apa jabatannya, berapa rasio jumlah laki-laki dan perempuan, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.






Menyusun Materi

Dalam menyusun materi dibutuhkan kejelian dan ketepatan, karena kejelian berhubungan erat dengan kemampuan presenter dalam memilih sumber yang bisa dipercaya sedangkan ketepatan berhubungan dengan kesesuaian materi dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Jadi sebagai presenter yang baik, tidak bisa asal-asalan dalam menyiapkan materi yang akan disampaikan.

Menentukan Pendekatan yang Digunakan

Setiap presentasi membutuhkan metode yaitu sebuah pendekatan yang digunakan dalam menyampaikan materi. Metode yang baik adalah metode yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan. Ada beberapa metode yang bisa diterapkan, diantaranya ceramah, eksperimen, simulasi, demonstrasi, ceramah plus dan lain-lain.

Menyusun Slide Presentasi

Jika presentasi menggunakan slide, maka langkah selanjutnya adalah menyusun slide presentasi dengan semenarik mungkin.


Tahap Evaluasi (Sesudah Presentasi)

Ini adalah satu kebiasaan positif yang harus dilakukan setelah selesai melakukan presentasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi mana-mana yang tidak berjalan sesuai rencana, mana yang harus mendapat perbaikan dan mana yang harus dipertahankan. Dan yakinlah ini akan memberikan dampak positif untuk presentasi  selanjutnya.



C. Alat yang di Gunakan Untuk Melakukan Presentasi

Microphone dan Sound

Microphone dan sound adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk mendukung kegiatan presentasi. Ruangan yang besar dengan audiens yang banyak akan mengurangi kekuatan volume suara si presenter dan tentunya audiens tak bisa menangkap apa yang di sampaikan oleh presenter. Apalagi jika di ruangan tersebut terjadi keganduhan, bisa di pastikan kegiatan presentasi tersebut tidak akan efektif.




Proyektor dan Layar

Proyektor dan Layar sudah sering di pakai dalam berbagai acara, entah itu seminar, workshop, kuliah umum, pokoknya semua yang berhubungan dengan presentasi. Alat ini dapat meningkatkan efektivitas penyampain pesan dari pemberi pesan terhadap audiens. Alat ini dapat menyampaikan pesan dalam bentuk visual, karena menurut beberapa orang penyampaian pesan dalam bentuk gambar atau visual akan lebih mudah di pahami oleh audiens di bandingkan audio, seperti kata pepatah “sebuah gambar berbicara seribu kata”. Biasanya alat ini dipakai untuk menyampaikan slide ataupun video pendukung presentasi.

Laptop atau Komputer

Laptop dan Komputer sudah bukan barang yang asing lagi dalam kehidupan sekarang. Seakan-akan barang kebutuhan pokok saja, laptop dan komputer sangat mudah di temukan di berbagai tempat, baik di sekolah, perkantoran, rumah-rumah, pusat perbelanjaan, dan di tempat-temppat lainya. Begitupun dengan kegiatan presentasi, alat ini sangat membantu presenter untuk menyampaikan pesanya kepada audiens, entah dalam bentuk audio maupun visual.
Biasanya presenter akan menampilkan power point, file dokumen, suara, maupun video dengan laptop.

Papan Tulis

Papan tulis memang sudah jarang dipakai  di acara presentasi. Namun adakalanya papan tulis itu masih bisa terpakai untuk mendukung jalannya sebuah presentasi.

Papan tulis biasa dipakai untuk menggambarkan suatu hal yang di anggap susah untuk disampaikan oleh sebuah kata-kata, selain itu, papan tulis bisa memperjelas apa yang disampikan oleh presenter.

Laser Pointer

Sekilas, alat ini memang terlihat kecil. Namun, jangan dikira , alat ini cukup efektif untuk mendukung kegiatan penyampain presentasi. Alat ini digunakan untuk memudahkan presenter dalam menjelaskan materi yang ditampilkan dalam bentuk slide power point, presenter tak usah bolak-balik untuk menekan tombol “next” atau menggerakan kursor pada laptop, presenter cukup menekan tombol pada laser pointer untuk melanjutkan ke tampilan slide berikutnya atau kembali pada slide sebelumnya dan presenter bisa mengganti fungsi kursor pada laptop dengan cahaya laser pada alat ini.




Aplikasi Power Point

Power Point adalah aplikasi keluaran windows, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan di seluruh dunia untuk kegiatan presentasi. Aplikasi biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan, sekolah, organisasi, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini menjadi media utama penyampaian presentasi, misalnya pada presentasi produk/iklan mini, profil perusahaan, dan presentasi online. Presentasi semacam ini dapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara, musik, atau video yang dimainkan pada saat presentasi.


D. Apakah penting menganalisa audience ketika presentasi?

Menganalisa audience ketika presentasi sangatlah penting, karena ketika melakukan presentasi akan ada proses tanya-jawab. Jika kita tidak mengetahui kondisi audience sama saja kita tidak peduli dengan mereka. Selain itu, alasan lain adalah jika kita melakukan presentasi berikutnya kita bisa mengetahui apa-apa saja yang menarik perhatian mereka dan apa-apa saja yang menurut mereka tidak menarik. Jadi sebisa mungkin harus mengetahui keadaan audience.

E. Apa pentingnya presentasi bisnis bagi seorang pemimpin organisasi?

Presentasi bisnis bagi seorang pemimpin organisasi sangatlah penting, karena sebuah organisasi membutuhkan seorang pemimpin, atau paling tidak akan ada satu figur yang menonjol dalam setiap hal, termaksut pengambilan keputusan. Seorang pemimpin pun sebaiknya memiliki kemampuan untuk leadership, kecakapan berbicara, kemampuan untuk mempengaruhi lawan bicara, wibawa, dan hal-hal kecil seperti bahasa tubuh, merupakan poin-poin yang hendaknya bisa terlihat dari seorang pemimpin.


Sumber :

http://www.dosenpendidikan.com. pengertian 6 tujuan dan manfaat presentasi lengkap
http://www.komunikasipraktis.com. Teknik presentasi pengertian dan tujuan.2014/09
http://www.seputarpengetahuan.com. Pengertian presentasi menurut para ahli jenisnya lengkap.2015/08
http://www.presentasi.net. Langkah presentasi cerdas meyakinkan

1 comment: